Repost: AroAceIndonesia FB Page “Why Visibility and Representation Matters”

// I’m about to cry. My 60 year old mother watched a netflix documentary and only just now found out she’s asexual. I’ve been trying to figure out how to bring up this idea to her for years. I am so glad to hear her, she’s so happy and saying “there really is nothing wrong with me!” I didn’t realize it wore on her like that. God bless the internet.// (source)
.
Hal seperti inilah mengapa ada perayaan Asexual Awareness Week dan juga Ace Visibility Day. Masih banyak sekali orang di dunia ini yang tidak tau tentang Aseksualitas, yang kemungkinan banyak diantaranya adalah Aseksual atau ada di Aseksual spektrum tanpa sadar. Seperti saya yang baru tau tentang Aseksualitas di umur 30, saya tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan seseorang yang seumur hidupnya tidak akan pernah tau bahwa apa yang mereka rasakan/tidak rasakan bukanlah sesuatu yang salah. Bahwa mereka tidak rusak, bahwa mereka tak sendiri, bahwa mereka punya komunitas yang akan menerima dan mendukung mereka sepenuhnya.
.
Setiap kali saya coba membayangkan, yang ada di pikiran saya tentu soal pernikahan. Walaupun saya keras kepala dan tidak mau menikah hanya sekedar untuk memenuhi ‘kewajiban’ saya, tapi kalo saya tidak tau tentang Aseksualitas kemungkinan saya tidak akan begitu tegas mempertahankan pendirian saya. Kemungkinan saya akan mempunyai perasaan negatif tentang pernikahan saya itu, yang besar kemungkinan termasuk ke pasangan dan anak yang akan lahir dari pernikahan itu.
.
Saya pernah berkata, walaupun sebagai seorang Aromantic Asexual saya tidak mau menutup kemungkinan bahwa saya akan menikah suatu hari nanti. Karena bagi saya pernikahan itu tidak hanya hasil dari ketertarikan romantik dan seksual saja. Pernikahan itu hanyalah diresmikannya ikatan diantara dua orang (pria dan wanita kl di Indonesia) tanpa perduli bagaimana jenis pernikahan yang akan dijalani pasangan tersebut. Selama niat dari pernikahan itu adalah sesuatu yang baik, saya rasa tidak masalah kalo seseorang ingin menikahi sahabatnya karena satu dan lain hal.
.
Untuk saat ini yang saya inginkan hanya untuk makin menyebarkan pengetahuan tentang Aseksualitas, walaupun cuma ke satu orang saja. Seperti fp ini, tidak perduli kalo selamanya hanya mendapat like sedikit, yang penting fp ini bisa bermanfaat untuk kalian.
.
.
#AroAceIndonesia #AsexualIndonesia #Asexual #AsexualAwarenessWeek #AceWeek

Leave a Reply

