Repost: AroAceIndonesia FB Page “The Importance of Asexuality”

Seberapa penting orientasi seksual bagi kalian? Kira2 dalam sehari, berapa kali kalian mengingat tentang orientasi seksual kalian? Hal apa yang menyebabkan kalian mengingat orientasi seksual kalian?
.
Bagi saya, orientasi seksual (dalam hal ini Aseksualitas) itu sangat penting karena itu mempengaruhi keputusan yang saya ambil. Mungkin saya tidak akan menganggap orientasi seksual begitu penting jika saya adalah seorang heteroseksual. Saya tidak akan memutuskan untuk melakukan sesuatu dengan berpikir “karena saya heteroseksual maka saya akan….”
Mungkin banyak juga Aseksual yang berbeda pendapat dengan saya dan menganggap orientasi seksual mereka bukan sesuatu yang penting, melainkan hanya bagian dari diri mereka saja. Dan itu juga ga masalah.
.
Sebagai seorang Aromantik Aseksual, banyak hal dalam kegiatan sehari-hari yang mengingatkan saya bahwa saya seorang AroAce.
Saat mendengarkan musik dengan syair tentang cinta dan patah hati membuat saya ingat bahwa saya seorang Aromantik. Lalu saat menonton film saya jadi ingat bahwa saya Aseksual (hampir semua film) dan juga Aromantik (drama/komedi percintaan). Dan yang pasti setiap ada yang bertanya kenapa saya belum menikah, atau ada yang memanggil saya Bunda/Umi (seperti ga nyambung tapi itu yang saya rasakan).
.
Lalu bagaimana dengan kalian?
.
.
#AroAceIndonesia #AsexualIndonesia #Asexual #Aromantic #AceAwarenessWeek #AceWeek

4 thoughts on “Repost: AroAceIndonesia FB Page “The Importance of Asexuality”

  1. Cenderung yang mengingatkan pada orientasi seksual itu lebih kalau ketemu mereka yang sudah menikah. Karena walaupun aku mengidentifikasikan diri sebagai Ace+Aro tapi aku suka banget baca romance novels. Jadi aku tidak pernah terlalu “terganggu” sama hal-hal itu. Aku bisa baca sex scenes, bisa baca adegan romantis, walau bukan untuk dilakukan sendiri. Cuma ketika ditanya, “kok belum married” nah, itu deh, baru urusannya lain. Pengen jawab “karena ga pengen seks!” haha

    1. Eh aku ga nulis tentang pas ditanya soal nikah, ya? XO
      Padahal tiap hari ditanya soal itu dari kenalan sampe pembeli di warung.
      Yep, aku juga gitu sih. Baca fanfic dari yang K sampe M juga ga masalah.

  2. Saya masih bingung dengan orientasi seks saya, jujur saya pernah melakukan hubungan fisik dengan pria (hanya sekedar bercumbu, tapi sampai keluar) dan saya juga menyukai wanita namun belum pernah berhubungan fisik dengan wanita. Tapi belakangan ini saya sangat tidak tertarik untuk melakukan seksual dengan pria maupun wanita. Saya hanya punya hasrat cuman tidak ingin melakukan hubungan seksual, saya terangsang tapi tidak berniat untuk melakukan seksual, apa ini sudah termasuk aseksual atau bagaimana ?. Terimakasih sebelumnya untuk penjelasannya.

    1. Sebenarnya Asexual itu lebih menyorot ke bagian ketertarikan seksualnya saja. Sedangkan ketertarikan seksual sendiri biasanya dijelaskan dengan “adanya keinginan untuk berhubungan seksual dengan seseorang tanpa orang tersebut melakukan hal-hal seksual.
      Banyak Aseksual yang berhubungan seksual, memiliki libido tinggi dan semacamnya. Jadi kamu perlu tau apakah kamu merasakan ketertarikan seksual kepada pria yang bercumbu denganmu, bisa jadi kamu mengalami orgasme lebih dikarenakan stimulasi seksual (bercumbu) daripada karena ketertarikan seksual.

      Oia ketertarikan itu juga ada beberapa macam, seperti platonik, estetik, romantik dan seksual. Jadi kamu bisa saja merasakan ketertarikan berbeda kepada gender yang berbeda (misal ketertarikan romantik kepada pria dan estetik /platonik kepada wanita ). Kalo dilihat dari cerita kamu sepertinya kamu memang Aseksual. Coba saja kamu cari tau lebih banyak lagi tentang Aseksualitas dan apakah Aseksual bisa mewakili /menjelaskan apa yang kamu rasakan. Kalo ternyata engga pas ya ga masalah, coba cari lagi yang lain karena ‘label’ itu kan sebenarnya cuma buat mempermudah kita lebih mengenali diri sendiri, mencari komunitas dan semacamnya so jangan dibikin sulit.
      Ada video yang cukup informatif tentang pengalaman para Aseksual https://m.youtube.com/watch?v=eTggTJt0rXM .
      Kalo kamu pengen nanya2 lebih banyak, silakan kirim email atau mampir ke fp AroAceID di fb.

Leave a Reply

