Repost: AroAceIndonesia FB Page “Asexuality and Music”

Apakah kalian punya lagu atau penyanyi/grup band favorit? Apa lagu yang terakhir kalian dengarkan? Apakah lagu-lagu favorit kalian punya tema tertentu?
.
Sejak kecil, saya senang mendengar lagu apapun, dari dangdut hingga hardcore metal. Tapi saya akan berpikir sangat lama jika ditanya apa lagu/genre/penyanyi terfavorit saya karena terus terang rasanya saya tidak pernah punya. Saya lebih ke tipe lagu-favorit-untuk saat-ini daripada lagu/penyanyi-favorit-sepanjang-masa. Dan biasanya lagu-favorit-untuk-saat-ini adalah lagu yang sedang populer disaat itu. Tapi kadang ada juga lagu yang kurang populer yang masuk daftar.
.
Saya pernah membaca soal bagaimana perasaan dan emosi juga menentukan interaksi seseorang dengan musik. Bagaimana seseorang yang sedang bahagia atau senang akan lebih mementingkan jenis musik dan temponya daripada mereka yang sedang bersedih yg lebih nyambung dengan lirik lagu tersebut.
Tapi sebagai seorang yang Aseksual, sekaligus Aromantic, di mana kebanyakan syair lagu yang ada berisi tentang hal-hal seksual, heteronormativity dan amatonormativity tentu saja sangat sulit bagi saya untuk nyambung dengan suatu lagu sampai sedalam itu. Kadang saya malah sengaja mencari lagu dengan bahasa yang tidak saya tau agar saya bisa menikmati musiknya tapi perlu nyengir miris dengan syairnya.
.
Bahkan lagu-lagu yang ditujukan untuk komunitas LGBTIQ+ mempunyai resep yang sama dengan lagu komersil lainnya, dengan pengecualian orientasi seksual atau gender dari penyanyi dan subyek lagunya. Bahkan kadang hal itu juga absen dari lagu tapi muncul di video klipnya.
.
Sebenarnya kalo mau teliti mencari, banyak juga lagu-lagu yang mempunyai tema universal atau netral. Malas mencari satu-satu? Coba saja Google dengan kata kunci Asexual/Aromantic song.
Tapi yang pasti ada 4 lagu yang khusus didedikasikan untuk komunitas Aseksual, yaitu:
1) ASEXUAL LOVE (Original Song)
2) ASEXY (PROUD TO BE ME) – Queer Sounds [Official Video]
3) A-OKAY: An Ace/Aro ANTHEM | Adam Winney
4) For Me | Dearlie
Memang semua lagu itu adalah lagu indi buatan para YouTubers tapi ga apa-apa, daripada ga ada sama sekali (standarnya rendah banget T-T)
.
Tentu saja semua itu hanyalah apa yang saya rasakan. Kalo kalian sendiri bagaimana? Apakah yang sama-sama AroAce merasakan hal yang sama seperti saya atau ada yang punya pengalaman lain? Bagaimana dengan yang Alloromantic Aseksual?
.
.
.
#AroAceIndonesia #AsexualIndonesia #AsexualAwarenessWeek #AceWeek #Asexual #Aseksual

Leave a Reply

