Repost: AroAceIndonesia FB Page “#GiveItBack”

Beberapa hari ini Twitter sedikit dihebohkan dengan adanya tagar #GiveItBack yang ditujukan ke akun Twitter resmi American Apparel. Kebanyakan tagar itu dipakai oleh komunitas Asexual untuk mempertanyakan keputusan perusahaan ritel itu tentang produk yang mereka keluarkan dalam kampanye “Make America Gay Again” dan “Make America LGBT Again” mereka.
.

image

Dalam kampanye yang bekerja sama dengan Human Rights Campaign dan The Ally Coalition (yang 30% dari keuntungan akan disumbangkan untuk mendukung perjuangan LGBT) itu mereka meluncurkan beberapa produk pakaian dan aksesori dengan slogan kampanyenya, bendera pelangi Amerika, dan banyak lagi. Salah satunya adalah pin dan tas kain dengan tulisan seperti di gambar ini.

image

Ketika ‘A’ dari LGBTIQAP diartikan sebagai Ally, dan bukan Asexual (dan/atau Aromantic dan Agender). Dengan hanya menaruh “Ally” di situ, sama saja mereka sudah menginvalidasi dan menghapus -lebih dari- satu identitas.
.
Apakah itu ada hubungan dengan The Ally Coalition (dikepalai Antonoff bersaudara) yang hanya sekedar, ya ‘straight allies’, tapi menjadi bagian yang cukup penting dalam kampanye itu?
.
Penulis Nita Tydall menjelaskan du Twitter bahwa pada kasus ini, menggantikan “Asexual” dengan “Ally” bukan hanya pertanyaan semantik tapi juga satu cara perusahaan besar mengistimewakan satu golongan mayoritas di atas grup minoritas di tempat yang dikhususkan untuk memberi suara pada mereka yang tidak bisa/punya suara.
.
“Ookay. Different note. Let’s talk about why cishet allies claiming a seat at the queer table is problematic @AmericanApparel”
.
“Asexuality has been looked down on even in the queer community. It’s often erased, forgotten, seen as making things up for attention”
.
“We’re called “not queer enough”. We’re sexless, frigid robots. Our representation in media is practically invisible”
.
“And you’re going to tell me the A stands for “Ally”, @AmericanApparel? Fuck that. ”
.
“The A stands for Asexual. You want to be an ally? Tell @AmericanApparel to #GiveItBack.”
.

image

Tahun lalu, GLAAD juga sempat melakukan kesalahan yang sama saat meluncurkan kampanye #GotYourBack yang menganjurkan straight allies untuk berdiri bersama dengan mereka yang non-straight allies dan menggunakan kalimat “A is for Ally” dalam promosinya. Tapi mereka cukup cepat dalam menanggapi kritikan yang juga menggunakan tagar #GiveItBack dan meminta maaf dengan menulis, “Let us say without equivocation, the “A” in LGBTQIA represents millions of Asexual, Agender and Aromantic people who are far too often left out of the conversation about acceptance. It was never, ever our intention to suggest otherwise, and we apologize”.
.
Hingga saat ini belum ada jawaban resmi dari American Apparel. Semoga saja mereka juga akan minta maaf dan mau mengubah detil di produknya. Mumpung masih baru.
.
.
. (sumber: http://fusion.net/story/311337/give-it-back-twitter-american-apparel/?utm_campaign=ThisIsFusion&utm_source=Twitter&utm_medium=social)
. ( https://storify.com/nitatyndall/the-a-is-for-asexual)
.
#AroAceIndonesia #Asexual #Aromantic #Agender #GiveItBack #AmericanApparel #GLAAD #LGBTQIAP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s