Repost: AroAceIndonesia FB Page “Split Attraction”

Untuk kita yang Asexual dan/atau Aromantic, ketertarikan yang kita rasakan telah dipecah menjadi beberapa bagian sesuai dengan fokusnya (split attraction model)
.
1. ketertarikan seksual, yaitu timbulnya keinginan untuk melakukan hal-hal yang bersifat seksual yang disebabkan atau ditujukan pada seseorang tanpa orang tersebut melakukan sesuatu yang bersifat seksual.

2. ketertarikan romantic, yaitu keinginan untuk melakukan kegiatan non-seksual dengan seseorang, hal-hal yang tidak akan kamu lakukan dengan seseorang yang kamu anggap hanya sebagai teman (contoh: pacaran, ciuman, dll).

3. ketertarikan secara platonis, yaitu keinginan untuk berteman dengan seseorang atau ingin dekat dengan mereka sebatas sahabat saja.

4. ketertarikan sensual, yaitu keinginan untuk menyentuh, seperti memeluk (hugging & cuddling),  bergandeng tangan, bahkan mencium seseorang tanpa merasakan ketertarikan secara seksual dan juga romantic.

5. ketertarikan estetik, yaitu merasakan kepuasan atau kesenangan saat melihat seseorang yang rupawan, sama seperti kepuasan dan kesenangan yang dirasakan saat melihat pemandangan, lukisan, dan hal-hal indah lainnya.

image

Sumber: tumblr.com

.
Kita menggunakan berbagai macam bentuk ketertarikan itu untuk mempermudah kita menyadari apa yang kita rasakan, dan juga mempermudah saat kita ingin menjelaskan kepada orang lain. Dan bila ada dari kalian yang tidak memerlukan semua model ketertarikan (terutama ketertarikan secara seksual dan romantic) itu karena ketertarikan yang kalian rasakan berjalan beriringan, tidak masalah. Tapi kalo kalian lantas mengira pemisahan bentuk ketertarikan itu termasuk homophobik, kalian salah besar.
.
Seorang Homoromantic Heteroseksual atau Heteromantic Homoseksual tidak mengalami internal homophobia hanya karena mereka bisa memiliki ikatan romantic dengan satu gender dan hubungan seksual dengan gender lainnya. Mereka juga tidak melakukan Bi-erasure karena Bisexual adalah mereka yang tertarik secara seksual dan juga romantic terhadap dua gender atau lebih.
.
Pada intinya, split attraction model hanya dipakai untuk kita dan mereka yang memerlukannya saja. Kalo ada yang merasa pas menggunakan split attraction model tapi lebih memilih hanya fokus ke ketertarikan secara seksual sebagai identitas diri mereka, ya monggo. Tidak ada pemaksaan atau keharusan dalam hal ini. Bahkan kalo ada dari para Aces yang lebih memilih untuk fokus ke ketertarikan mereka secara romantic sebagai identitas diri (seperti Panromantic Asexual tapi menyebut diri mereka Pan, karena alasan apapun), ya silakan. Hidup ini sudah sulit, ga usah tambah mempersulit hal yang sebenarnya mudah.
.
.
#AroAceIndonesia #Aromantic #Asexual

~yuu

Advertisements

One thought on “Repost: AroAceIndonesia FB Page “Split Attraction”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s