Repost: AroAceIndonesia FB Page “Ace Ring”

Lebih dari sepuluh tahun yang lalu saya pernah membeli sebuah cincin hitam polos yang sepertinya terbuat dari semacam batu di satu kios aksesoris di depan sebuah pasar swalayan. Saya merasa senang bisa menemukan cincin itu karena cincin polos berwarna hitam agak sulit ditemui di sekitar tempat saya tinggal. Tapi hidup cincin itu tidak lama, malam harinya cincin itu patah jadi dua saat saya menepuk nyamuk di lantai 😦

Tahun kemarin, setelah saya belajar tentang Aseksualitas, saya baru tau kalo banyak dari para Aces yang menggunakan cincin berwarna hitam yang biasanya digunakan di jari tengah tangan kanan sebagai ‘Ace ring’ mereka. (iya, saya sempat berpikir/berandai-andai kalo kesukaan saya terhadap cincin berwarna hitam adalah ‘tanda’ kl saya seorang Asexual bahkan sebelum saya tau apa itu Asexual).

Setelah mencari tau lebih jauh, ternyata cincin hitam itu bukanlah cara Aces menyatakan pada dunia kalo mereka adalah seorang Asexual (ya mana bisa kalo yang tau tentang Aseksualitas aja masih jarang) tapi lebih untuk mengingatkan pada diri kita sendiri kalo kita ga sendirian. Walaupun sepertinya tidak terlihat, ada banyak orang lain di luar sana yang juga merasakan, mengalami, dan menghadapi semua (walau dalam bentuk atau ukuran yg berbeda) yang kita lalui hampir setiap hari.
Walaupun hanya kita sendiri yang tau apa arti cincin hitam di jari tengah tangan kanan, tapi kita bisa merasakan kalo kita adalah bagian dari suatu komunitas. Sukur-sukur karena memakai ‘Ace ring’ bisa membuat kita menemukan para Aces yang lain. Tapi jangan langsung menganggap semua yang memakai cincin hitam di jari tengah tangan kanan itu pasti Aces. Sekarang cincin hitam polos itu lumayan disukai sebagai aksesori yang ‘harus punya’.

Tapi kenapa harus jari tengah tangan kanan? Dari yang saya pahami setelah cari tau sana sini adalah karena cincin hitam itu juga digunakan oleh komunitas Swingers untuk menandai sesama mereka. Biasanya anggota mereka memakai cincin hitam di jari manapun di tangan kanan mereka, tapi (kalo tidak salah, harus cari tau lagi) setelah komunitas Asexual mulai menggunakan cincin hitam di jari tengah tangan kanan, komunitas Swingers (karena menghargai pilihan para Aces) mengganti keputusan(bersama) mereka dan menjadikan cincin hitam di jari apapun (kecuali jari tengah) di tangan kanan sebagai penanda untuk sesama mereka. Biasanya para Swingers juga tidak memakai cincin hitam mereka setiap waktu. Biasanya mereka akan menggunakannya saat mereka ingin dikenali para Swingers yang lain. Sama juga seperti kita yang Asexual, tidak semua yang memakai cincin hitam di tangan kanan adalah Swingers. Jadi tidak bisa disebut promosi atau alat untuk berkoar-koar kalo mereka adalah Swingers.

Jadi, apa pendapat kalian tentang Ace ring ini? Apakah ada dari kalian yang memakai Ace ring juga?

image

Foto ini adalah foto cincin hitam polos yang saya beli di pasar malam hampir tiga minggu yang lalu. Mungkin tidak terlihat jelas, tapi ada ukiran AroAce di atasnya. Murah meriah tapi saya suka 🙂
.
.
#AroAceIndonesia #Asexual #AceRing

~yuu

Leave a Reply

