Repost: AroAceIndonesia FB Post “Celibate”

Banyak yang masih beranggapan kalo Asexual itu sama dengan selibat/celibate. Biasanya orang-orang itu tidak mengerti apa itu Aseksualitas dan juga apa itu selibat. Mereka menganggap selibat itu adalah memutuskan untuk tidak melakukan kegiatan seksual dalam bentuk apapun atau kegiatan seksual yang dilakukan dengan orang lain. Padahal arti selibat itu adalah sebuah pilihan hidup yang bersumber dari suatu pandangan atau pemikiran tertentu yang memutuskan sang pribadi untuk memilih hidup tanpa menikah.

Lalu apakah banyak Asexual yang memilih untuk selibat/tidak menikah? Kalo dari apa yang saya baca, banyak dari kita yang lebih memilih untuk menikah (karena banyak hal) , terutama para Aces yang non-Aromantic atau biasa disebut Alloromantic.
Jadi tidak bisa dibilang Asexual sama dengan selibat. Sekarang pun banyak non-Asexual (allosexual) yang memilih untuk selibat/tidak menikah karena satu dan lain hal yang bukan karena tuntutan agama (contohnya para Rohaniwan Katolik).

Lalu bagaimana dengan kita yang Aromantic Asexual? Ada dari kita AroAce yang memilih untuk menikah, selibat dan ada juga yang tidak menikah bukan karena pilihan/selibat tapi karena kita tidak memiliki keinginan untuk mempunyai ikatan dalam bentuk apapun. Saya rasa hal itu tidak bisa dibilang selibat karena kita tidak memutuskan untuk tidak melakukan sesuatu. Tapi tentu saja itu hanya pendapat pribadi saya, pasti banyak yang memiliki pendapat berbeda.
.
.
#AroAceIndonesia #Asexual #Celibate

~yuu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s