Repost: AroAceIndonesia FB Page “Not So Positive Representation”

Ada perkembangan baru soal proyek program televisi tentang Aseksualitas kemarin.
Seorang aktivis Asexual, Zora Parker, menulis di The Asexuality Blog tentang tanggapan atas kekhawatirannya soal proyek tersebut (yang juga memintanya untuk ikut mempromosikan) yang mengasingkan atau menyisihkan para Aces yang hiperseksual dan/atau mereka yang tidak punya masalah dalam melakukan kegiatan seksual, dan terus menonjolkan stereotipe Asexual benci seks.
Jawaban mereka?
” Unfortunately having a hypersexual asexual as a main character would not achieve maximum entertainment value but we are planning on introducing other parts of the spectrum as well. Entertainment value is a major concern when creating any concept and especially in film and TV, opposites attract.”
Yang kalo diartikan bebas berbunyi, “sayangnya memiliki karakter utama seorang Asexual yang hiperseksual itu tidak bisa (membuat program ini) mencapai nilai hiburan(?) tertinggi tapikami berencana akan mengenalkan bagian-bagian lain di dalam spektrum (Asexual). Nilai hiburan (?) adalah kekhawatiran utama saat membuat/menciptakan konsep apapun, terutama di film dan televisi, perbedaan itu saling tarik menarik (?)”
Zora berpendapat bahwa konsep seperti itu sudah pernah dilakukan sebelumnya, yang pada akhirnya lebih sering menjadikan Asexual sebagai bahan guyonan atau bahkan cemoohan.
Dan kalo ada yang sudah mengecek fp dari proyek itu, semua cast-nya kulit putih yang juga memberi peluru pada stereotipe Asexual itu hanya dialami oleh orang kulit putih di Amerika dan Eropa.
Kalo dilihat sekarang, setelah membaca postingan Zora, tentu terlihat jelas betapa bermasalahnya proyek tersebut. Apa kita lagi-lagi harus menerima begitu saja? Apa representasi yang negatif itu masih lebih baik dari pada tidak ada representasi sama sekali?
.
.
# AroAceIndonesia # Asexual
# Representation
13 April at 17:44 · Public

~yuu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s