Repost: AroAceIndonesia FB Page “Asexual Representation”

Sudah pernah nonton House MD yang episode Better Half? Atau Sheldon di Big Bang Theory?
Kebanyakan representasi untuk para Asexual adalah mereka yang kikuk, canggung, susah bergaul atau bahkan sosiopat (uhm Sherlock, anyone?). Bahkan yang di serial House MD itu ditunjukkan bahwa Aseksualitas si suami adalah karena adanya tumor yang menyebabkan penurunan/hilangnya libido. Padahal ketertarikan seksual dan libido itu adalah dua hal yang sangat jauh berbeda. Dan walaupun Aseksualitas seseorang disebabkan karena suatu hal, itu tidak akan merubah apa-apa karena mereka sendiri yg berpikir kalo Aseksual itu adalah nama yang tepat untuk menjelaskan apa yang mereka rasakan. Karena sekali lagi ‘label’ itu hanyalah nama dari apa yang SUDAH kita rasakan dan alami, jadi label itu yang mengikuti kita, bukan kita yang menyesuaikan diri agar bisa masuk dalam label tertentu.
Dan pertama buka halaman Facebook pagi ini langsung disuguhi dengan tautan menuju laman tentang sebuah proyek program televisi dengan judul Ally and Viv yang akan dibuat tentang, ada yang bisa tebak? Ya, tentang Aseksualitas!
Walaupun proyek itu baru akan dibuat, dan pastinya ga bakal tayang di stasiun televisi lokal, tapi ini adalah berita yang sangat menggembirakan. Kita masih sangat butuh representasi yang positif tentang Aseksualitas. Seberapa penting? Tentu sangat penting. Berapa perbandingan sahabat kita yang homoseksual tau tentang homoseksualitas dari program televisi daripada dari pelajaran pengetahuan seksual di sekolah? Memang kebanyakan masih berupa representasi negatif, tapi mereka sudah mulai melangkah maju.
Dan itu juga yang saya pribadi dan mungkin banyak dari kita para Asexual yang berharap akan adanya perkembangan representasi untuk Aseksualitas. Apakah itu akan terjawab dengan proyek ini? Semoga saja. Penulis cerita sendiri bilang, “I’m a filmmaker currently working on a pilot for a TV show centered around an asexual character. This story is close to my heart as I grew up with an asexual family member and saw how she felt out of place very often due to her sexuality. I want to give asexuals a strong voice in the world and would love to have a large community of asexuals supporting this project.
Would you be willing to talk about this on your page?”
.
.
# AroAceIndonesia # Asexuality
# Representation # TVShow
12 April at 04:21 · Public

~yuu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s