Repost: AroAceIndonesia FB Page “Bingo Cards”

Kebanyakan dari kita yang berada di bawah Asexual dan Aromantic spektrum pasti pernah mendengar kata-kata di kartu Bingo di bawah ini ditujukan pada kita, baik dari orang yang tidak kita kenal atau bahkan dari orang terdekat kita sendiri yang tentu akan terasa jauh lebih menyakitkan. Karena itu kita perlu memberi pengetahuan dan penjelasan yang benar tentang apa itu Asexuality dan Aromanticism saat kita come out atau melela. Tapi itu bukan juga suatu kewajiban karena saya sadar tidak semua orang bisa menjelaskan sesuatu yang begitu penting bagi mereka dengan kepala dingin. Saya pun demikian, emosi jadi lebih cepat tersulut saat pertama mencoba menjelaskan pada orangtua saya. Pada akhirnya saya mengirimkan tulisan yang pernah saya tulis dan diterbitkan oleh sebuah media LGBTIQA+ untuk mereka baca. Itu pun masih kurang berhasil karena mereka tetap tidak menganggap Aseksualitas itu nyata.
Tidak perduli apapun yang dikatakan orang lain, hanya kita sendiri yang merasakan dan menjalani hidup ini. Asexuality dan Aromanticism itu hanyalah nama dari apa yang sudah kita rasakan dari dulu, bukan kita yang menyesuaikan diri agar sesuai dengan label atau identitas tersebut.

image

image

.
.
(image source: FeministBingo.tumblr.com )
# AroAceIndonesia # Aromanticism
# Asexuality
28 March at 15:28 · Public

~yuu

Advertisements

6 thoughts on “Repost: AroAceIndonesia FB Page “Bingo Cards”

    1. Sebenarnya postingan dua hari ke depan jg mau bahas Aromanticism dan Asexuality 101 🙂
       Aromantic – tidak memiliki ketertarikan romantis kepada siapapun. Dan ketertarikan romantis itu adalah keinginan untuk melakukan kegiatan non-seksual dengan seseorang, hal-hal yang tidak akan dilakukan dengan seseorang yang dianggap hanya sebagai teman (contoh: jatuh cinta, pacaran, dll).
      Asexual – tidak memiliki ketertarikan secara seksual terhadap siapapun. Namun ada juga yang beridentitas Asexual karena mereka tidak memiliki gairah seksual atau keinginan untuk melakukan kegiatan yang bersifat seksual. Ketertarikan seksual itu adalah timbulnya keinginan untuk melakukan hal-hal yang bersifat seksual yang disebabkan atau ditujukan pada seseorang tanpa orang tersebut melakukan sesuatu yang bersifat seksual. Seperti heteroseksual yg tertarik sama yg berbeda gender, dan ga tertarik secara seksual dgn yang sesama gender, Asexual itu ga merasakannya ke semua orang.
      Tapi Aromanticism dan Asexuality itu adalah spektrum. Jadi ada yg bener2 ga merasakan ketertarikan dan ada juga yg merasakan ketertarikan dalam keadaan tertentu, contoh: Demisexual yg bisa merasakan ketertarikan seksual setelah adanya ikatan batin atau emosional yg kuat, tapi juga ga ke semua orang yg punya ikatan kuat sama dia.
      Semoga cukup jelas. Kl belum atau ada pertanyaan lain, silakan…

      1. Wah kl bisa minta tolong buat masukin tentang Aromanticism dan Asexuality. Cm disebut doang jg sudah cukup. Setidaknya orang bisa tau kl ada ‘pilihan’ lain selain 4 orientasi seksual yg sudah banyak diketahui publik 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s