Cukup Dengan Air Saja

Nemu tentang cuci muka tanpa sabun waktu lagi iseng googling. Kebanyakan artikel dan postingan lama, pertengahan tahun 2013-2014, tapi mulai nongol lagi di tahun 2015 ini.
Intinya sih tentang cuci muka cukup dengan air saja. Banyak yang mengiyakan soal kemanjuran cara tersebut, tapi tak sedikit juga yang tidak puas setelah mencoba.

Mukaku ini sebenarnya cukup gampangan (berasa apaan gitu – -‘), dan standar (bermasalah di area T). Yang bikin kesel palingan komedo dan jerawat batu di area hidung. Itupun baru nongol setelah mulai kerja.

Pertama kali aku pake pembersih muka itu pas SD. Kelas 4 setelah jadi pendamping manten (yang ngipasin, 2x), dan kelas 5 setelah pertunjukkan tari di acara 17-an. Lalu di SMP mulai rajin pake susu pembersih, toner, dan Gizi sebelum tidur. Di SMA pun tetap melakukan hal yang sama tanpa ada masalah di wajah.

Setelah bekerja, aku mulai mengenal facial foam dan menggunakannya 2x sehari di pagi hari dan sebelum tidur. Sejak itulah komedo dan jerawat batu mulai timbul. Aku pikir itu mungkin dikarenakan tempat kerjaku kotor, dan juga faktor keturunan (dari Mbah Ti), jadi kupikir masih wajar.

Setelah membaca pro dan kontra tentang metode itu aku pikir kenapa engga? Kalo berhasil ya sukur, kalo engga ya kayaknya ga bakal rugi2 banget. Mana waktu itu pas facial wash dan Olay-nya abis pula. Ngirit gitu loh ;P

Dan dimulailah eksperimen ini di tanggal 11 Maret lalu. Seharusnya aku foto dulu awalnya biar bisa before and after, tapi karena kemalasan dan ketidaksukaan ku buat selfie ya jadinya no pix tapi ga hoax juga sih.

Pagi pertama ga cuci muka pake sabun itu rasanya gimana gitu. Agak kurang pede karena kayak muka “baru bangun” terus.
Tengah hari minyak di hidung sedikit lebih banyak dari biasa. Karena aku ga pernah pake makeup jadinya cukup dipetel pake tisu.
Pas mandi (iya, aku mandi cuma sekali di malam hari), emang berasa agak jijik pas cuci muka. Minyaknya lengket di tangan dan muka rasanya tebal banget. Jadinya aku pake kapas yang dibasahin buat nyeka wajah. Lumayan keangkat kotorannya.

image
Setelah dua minggu.

Setelah minggu kedua, bisa dibilang ada perbaikan yang bikin senang. Komedo berkurang, jerawat batu pun ga kelihatan gede-gede banget. Tapi karena aku ga pake pelembab atau sunscreen/sunblock , dan cuaca yang kurang bersahabat, wajahku jadi lebih coklat sampai jelas tan-linenya pas lepas jilbab.

image
Setelah tiga minggu.
image
Minggu keempat.

Mungkin bisa kelihatan di dua foto terakhir muncul bintik-bintik hitam di pipi. Itu bukan dikarenakan jerawat yang muncul. Salahkan saja tanganku yang suka iseng megang/garuk sampe lecet-lecet. Tapi bekasnya lebih cepat pudar/hilang sejak mulai eksperimen ini. Mungkin karena kulit mengandung banyak minyak yang lebih stabil tanpa ada masa jeda buat isi ulang, semacam refractory period gitu (kayak titit aja – -‘), seperti saat mencuci muka pake sabun.

Bisa dibilang eksperimen kali ini cukup berhasil. Beda before and afternya ga begitu signifikan tapi cukup bisa dirasakan. Jadi buat apa buang duit tapi ga ada beda hasilnya sama yang gratis?

Mungkin perlu ditekankan sekali lagi bahwa setiap orang itu berbeda-beda. Apa yang bisa berhasil di saya bisa saja gatot di orang lain. Aku hanya ingin berbagi pengalaman di sini. Siapa tau berguna untuk orang lain.

~yuu

Advertisements

28 thoughts on “Cukup Dengan Air Saja

  1. mau nanya dong, saya mau nyoba juga cuci muka tanpa produk pembersih apapun, tapu jadinya gak bersih soalnya minyak di wajah saya banyak banget, jadi bersihin nya gimana ya?

    1. Makasih sudah mampir.
      Awalnya wajah saya juga cukup berminyak, terasa kotor dan lengket tapi setelah diterusin sudah biasa bahkan cenderung kering di luar area T. Komedo juga berkurang. Jadi biasanya setiap habis wudu & mandi saya bersihkan/keringkan wajah dengan kapas dan setelah mandi sore/wudu untuk sholat isya saya juga pake minyak zaitun sedikit saja yg penting rata biar ga kering.
      Tapi kulit setiap orang kan beda, mungkin apa yang cocok buat saya tidak cocok untuk orang lain. Mungkin harus lewat trial and error dulu baru bisa nemu yang cocok.
      Semoga cukup membantu 🙂

  2. Mba pgn tnya. Aku tuh byk bintik2 gt ky mau jd jerawat. trs di idunv komedo ny bandel bgt trs suka jd timbul jerawat. Itu mba bneran pke air doang? Gmn cara cuci muka ny mba? Step2 ny gtu mbaa

    1. Itungannya sih bukan cuci muka. Kalo abis mandi dan wudu kan wajah basah trus dilap/keringinnya pake kapas. Tadinya mukaku juga agak berminyak dan sering ada jerawat kecil. Tapi sekarang sih udah ga gitu, malah agak kering walaupun komedo masih tetap ada. Makanya kalo aku setelah mandi sore atau wudu buat sholat isya suka aku kasih minyak zaytun mukaku karena kalo ga jadi agak kering.

  3. benar” manjur mbak hasilnya.kulit wajah malah tambah lebih halus.ya walaupun masih ada jerawat tapi udah ndak kaya dulu lagi.
    3 bulan lebih ndak pakek apapun di wajah kecuali AIR.alhamdulillah.
    terima kasih mbak atas infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s