Cari Jodoh

Duh judulnya aja udah berat bener ya… Tapi kayaknya semua orang, apalagi perempuan, yang berusia diatas 20 tahun pasti pernah ditanya soal jodoh. Mulai dari “udah punya pacar?”, sampai yang “sebenarnya kamu ada niat buat nikah ga sih? mau nunggu apalagi? lama-lama karatan lho!” (curcol) :S.

Aku sendiri sampai bingung, kesel, dan gondok tiap kali ditanya sama orangtua sendiri yang bikin aku berfikir seolah-olah mereka gak perduli aku bakal bahagia atau enggak yang penting aku nikah trus punya anak untuk mereka gendong.

Sebenarnya aku gak pengen berpikiran buruk tentang orangtua sendiri tapi ya begitulah kenyataannya.

Waktu itu pernah baca di blog orang Indonesia yang tinggal di luar negeri tentang perbedaan perlakuan terhadap anak di Indonesia dan di luar sana.
Tau dong kalo kebanyakan orang luar lepas dari ortu diumur 18 tahun? Setelah itu mereka harus kerja keras sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Dan ortu mereka juga tidak akan meminta ‘balas budi’ dari anaknya kelak dikemudian hari.

Hal itu jauh berbeda dengan di Indonesia. Kalo menurut aku(sotoy-nya keluar), orangtua di Indonesia menganggap anak-anak mereka sebagai investasi hari tua. Ingat kan dengan istilah ‘banyak anak, banyak rejeki’? Rasanya sepanjang hidup anak harus selalu bertanggung jawab terhadap ortunya. Bahkan saat mereka sudah menikah pun ortu tetap mngharapkan(meminta) bantuan yang lebih sering bersifat materiil.

Duh kok jadi melenceng jauh gini… Padahal tadinya pengen ngomongin soal situs cari jodoh yang aku ikuti. Ya udah deh disambung lagi besok aja. Udah ngantuk juga.

~yuu

Leave a Reply

